Pages

Ads 468x60px

Labels

Sabtu, Desember 01, 2012

Routing pada IP

Routing pada IP adalah suatu proses penentuan jalur untuk melewatkan datagram IP dari alamat pengirim ke alamat tujuan. Alat yang berfungsi melakukan routingIP disebut router. Proses routingdilakukan pada setiap hop. Hopadalah perjalanan paket data dari satu router atau host ke router atau hostlainnya.

Pada gambar diperlihatkan proses routingpaket data dari host/komputer A ke host/komputer C, dimana paket data dari komputer A tersebut melalui dua router/gatewaysebelum sampai di komputer C. Routingpaket data berkerja berdasarkan informasi yang terdapat pada tabel informasi  routingpada setiap host atau router. Sebelum komputer A mengirimkan data terlebih dahulu melihat informasi tabel routingyang ada padanya, kemudian diketahui untuk mengirimkan data ke komputer C harus lewat routerR1. Pada saat data sampai di R1 , data tersebut diperiksa alamat tujuannya dan dikonfirmasikan dengan informasi tabel routing-nya. Oleh routerR1 data tersebut diteruskan melalui R2 sampai akhirnya data tadi ditujukan ke komputer C oleh routerR2. 

Proses routingini menjadi sangat penting sekali dalam jaringan Internet yang menghubungkan berbagai jenis jaringan LAN, MAN maupun WAN. Pada TCP/IP terdapat pula protokol routingyang bertugas melakukan proses pemilihan jalur data dari pengirim ke tujuannya. Protokol routing tersebut diantaranya: Routing Information Protocol (RIP), Open Shortest Path Protocol(OSPF), dan Border Gateway Protocol (BGP). Protokol-protokol routing tersebut dimasukkan dalam dua kategori yang berbeda. RIP dan OSPF masuk dalam ketegori Interior Gateway Protocol (IGP), sedang BGP berada dalam kategori Exterior Gateway Protocol (EGP). IGP adalah protokol routing yang menangani routing jaringan Internet pada sebuah autonomous system sementara EGP menangani routing antar autonomous system. Autonomous system (AS) secara umum didefinisikan sebagai jaringaninternet yang berada dalam satu kendali administrasi dan teknis. Internet merupakan kumpulan dari ribuan autonomous system.

0 komentar:

Posting Komentar

Breaking News

Jobs News